GPS VS GPRS

Handphonebloger Kita sebagai pengemar gaddhet tentu tahu sekali tentang sebuah arti pentingnya alat  telekomurnkasi sebuah fitur GPS atau A-GPS. Apalagi dewasa ini banyak sekali pembincaraan fitur tersebut, dadam sebuah ponsel.

Tapi sejatinya bagaimana sih sistem GPS atau A-GPS itu bekerja dan apa kelebihan dan kekurangannya dari kedua masing masing teknologi tersebut. Awaalnya,GPS atau ( GLobal Posittoning System ) adalah tehnoligi yang dikembangkan oleh militer dan diggunakan dalam medan perang. Perangkat GPS menerima informasi dan setiap empat dari 32 satelit yang mengorbit bumi. Kemudian menghitung jarak dari satelit dan asal lokasinya oleh trilateration.


Pada daerah terbuka/outdoor akan Lebih cepat mendapatkan sinyal dibandingkan di daerah perkotaan yang banyak gedung tinggi. Data waktu dan masing masing satelit akan dikomputasi oleh GPS module di ponsel/PDAdan akhirnya akan dihasilkan informasi posisi berada Latitude & Longitude, lokasi data peta dan Lain Lain.

Dibutuhkan 3 komponen daLam proses penentuan posisi lewat GPS yaitu Satelite, Receiver GPS, dan posisi yg baik (bebas halangan). Supaya perangkat GPS bisa menangkap sinyaL dengan balk, perankat harus berada di Luar lingkungan, bahkan harus dibawah langit terbuka. Kekuatan sinyaL bisa berkurang kalau perangkat GPS berada di bawah pohon, dibawah gedung-gedung pencakar Langit atau di dalam kendaraan. Sinyal hampir bisa dipastikan menghiLang kaLaupembawa perangkat GPS masuk ke dalam gedung.

Sementara A-GPS atau Assisted GPS adalah jenis lain dari GPS yang mengandalkan sebuah server bantuan, selain dan satelit itu sendiri. A-GPS dikembangkan untuk meningkatkan kinerja GPS. Disini server bantuan tersebut akan memberikan informasi tambahan ke perangkat yang dapat membantu dalam perhitungan Lokasi.

Hal ini sangat berguna dilingkungan dimana chip GPS mungkin mengalami kesulitan dalam mendapatkan sinyal satelit. Server bantuan penyedia data informasi sateLit yang dibutuhkan oleh A-GPS biasanya di dukung oleh jaringan operator karena sering kali menara BTS memiliki unit penerima GPS dan secara terus menerus akan mendownload informasi data satelit yanq ada di angkasa dan kemudian memprosesnya.

Data dari server bantuan bisa diberikan kepada pelanggan telepon seLular, bila diminta oleh perangkat A-GPS untuk Keuntungan A-GPS
• Pengidentitikasian lokasi lebih cepat
• Membutuhkan power lebih kecil dalam proses komputasi data.
• Cocok utk lokasi perkotaan atau Lokasi yg kurang optimal daLam menangkap sinyal satelite seperti dalam gedung. mengidentifikasi Lokasi pengguna berupa Latitude & Longitude.

Lokasi dalam peta dan Lain lain. Dalam hal ini dibutuhkan 3 komponen dalam peroses penentuan posisi: Satelite, Assistance Server(GSM), Receiver A.GPS. Setain Itu A-GPS berbeda dan reguler GPS dengan menambahkan elemen Lain ke dalam proses pencarian posisi, ya’itu Server Bantuan (Assistance Server). Kekurangan A-GPS : Masih tergantung pada coverage jaringan operator.

0 komentar:

Posting Komentar